Jumat, 23 Mei 2008

Tips agar sukses di tempat kerja.

1. Perlihatkan seolah-olah Anda sibuk
Salah satu cara supaya Anda terlihat selalu sibuk adalah dengan selalu membawa agenda dan pena. Kredibilitas Anda akan sedikit meningkat karena temen sekerja Anda akan beranggapan bahwa Anda adalah orang yang teratur dan selalu menjadwalkan semuanya dengan baik. Disamping itu pada saat Anda tiba-tiba dipanggil atasan untuk menerima perintah atau sesuatu, Anda dapat langsung mencatatnya tanpa terlewat atau terlupa di kemudian hari.

2. Jadilah seorang yang kaya informasi
Bersikaplah peka terhadap keadaan sekitar. Cepat-cepat mencari tahu apa yang terjadi di sekitar Anda dengan aktif bertanya-tanya pada rekan sekerja. Apabila anda sedang mengerjakan proyek yang diberikan oleh pimpinan, selalu sampaikan informasi terakhir pada atasan Anda. Hal tersebut akan semakin memantabkan kredibilitas Anda dimata pimpinan karena Anda terlihat sangat bertanggung jawab dan berkomitmen penuh terhadap proyek yang diberikan.

3. Sesuaikan diri dengan style atasan
Selaraskan cara kerja Anda seperti cara kerja yang dilakukan oleh atasan Anda. Seorang atasan akan lebih suka apabila stafnya mengerjakan segala sesuatu seperti cara dia mengerjakan sesuatu. Apabila Anda mempunyai gagasan yang lebih baik atau mungkin lebih efektif dan efisien, tetap komunikasikan dengan atasan. Dengan begitu Anda terlihat sebagai karyawan yang unggul, yang juga akan mempermudah Anda untuk dipromosikan di kemudian hari.

4. Hindari marah yang berlebihan
Tidak cocok dengan sesuatu adalah hal yang biasa. Sebagai seorang karyawan yang intelek, Anda sepatutnya dapat menahan marah. Apabila marah Anda tak tertahankan, sebaiknya Anda menepikan diri, menjauh dari kerumunan orang atau suatu forum rapat misalnya. Jangan pernah melontarkan kata-kata apabila marah Anda sedang memuncak, karena bisa jadi pernyataan yang Anda lontarkan tidak pada tempatnya (misalnya mengumpat). Cukup jauhkan diri Anda sementara dari orang lain dan berusahalah untuk menenangkan diri.

5. Buatlah statement yang sangat baik
Pada suatu saat, Anda diserahi tugas oleh atasan dan pada waktu itu Anda mempunyai kesibukan yang tidak kalah pentingnya sehingga Anda tidak bisa memenuhi permintaan Atasan. Pada saat bertemu dalam keadaan santai Anda dapat mengatakan seperti ini, “Sebenarnya saya menyesal tidak dapat menerima tugas dari bapak, padahal kepentingan saya pada waktu itu bisa dipaksakan untuk ditunda.” Pernyataan merendah seperti inilah yang biasanya disukai oleh atasan.

6. Akui kesalahan
Melakukan kesalahan membuat Anda merasa merasa malu, adalah wajar. Barangkali setelah melakukan kesalahan Anda akan sangat menyesal terhadap apa yang baru saja Anda lakukan. Reaksi selanjutnya yang mungkin tanpa Anda sadari adalah perlahan-lahan Anda menarik diri dari komunitas kerja Anda, yang selanjutnya akan semakin membenamkan Anda dalam perasaan malu dan bersalah. Seharusnya tidak demikian. Saat Anda melakukan kesalahan cobalah untuk mengkomunikasikan dengan rekan sekerja Anda tentang solusinya. Sedikit terasa berat memang. Malahan mungkin Anda akan dicibir. Tapi paling tidak orang akan lebih menghargai seseorang yang tidak lari dari masalahnya.

7. Sharing itu perlu
Berbagi informasi adalah proses untik belajar menjadi lebih baik. Dengan sharing, Anda dapat pembanding tentang segala sesuatu informasi yang selama ini anda ketahui. Serap informasi yang baik menurut Anda dan buang jauh-jauh hal yang buruk.

Semoga Anda menjadi karyawan yang masuk daftar promosi tahun ini. Amin.

Tidak ada komentar: