Selasa, 27 Mei 2008

Air Terjun Sedudo (Nganjuk-Jawa Timur)

Pada saat liburan panjang tahun lalu, penulis menyempatkan diri untuk jalan-jalan. Sebenarnya lebih tepat bukan menyempatkan diri, tetapi sambil bersilaturahmi ke saudara di kota Nganjuk-Jawa Timur sekalian mengunjungi objek wisatanya. Tidak ada yang lebih menarik dari bepergian ke luar kota selain mampir ke tempat wisata khas.

Objek wisata kita kali ini adalah Air Terjun Sedudo.

Air Terjun Sedudo terletak di desa Ngliman, kecamatan Sawahan. Nganjuk-Jawa Timur. Panorama alam di sekitar obyek wisata ini sangat memukau dan masih asli. Udaranya sangat bersih dan sejuk, terletak pada ketinggian sekitar 1438 meter diatas permukaan air laut, dan tinggi air terjunnya sendiri adalah kurang-lebih 105 meter. Menurut kepercayaan masyarakat setempat air terjun Sedudo memiliki kekuatan supra natural apabila mandi disana, apalagi pada bulan suro (muharam) akan mendapatkan berkah keselamatan, wibawa dan mudah tercapai cita-citanya. Setiap tahun diadakan upacara mandi Sedudo, sampai sekarang tetap dilaksanakan setiap bulan Suro yang dipimpin oleh Bupati Nganjuk. Beberapa fasilitas tersedia di obyek wisata ini, antara lain : tempat istirahat, mushola, penjualan makanan, penjualan souvenir, buah-buahan, tempat hiburan dan lain-lain. Sebelum memasuki desa Ngliman terdapat penginapan dengan fasilitas yang cukup memadai memadai. Lapangan tenis, conference hall, kafe, karaoke, taman bermain anak. Semuanya dapat Anda dapatkan disana sambil menikmati udara yang sejuk segar.

Satu lagi yang membuat penulis sangat terkesan. Sekitar 6 kilometer sebelum menuju tempat wisata, terdapat penjual durian yang terkenal menjual durian dengan kualitas setara supermarket. Daging buahnya itu lho, tebal sekali. Mmm… enak sekali pokoknya. Uniknya lagi, penjual durian ini biasa mendapat order dari pejabat-pejabat setempat yang sedang berkunjung disana, untuk bersantai ataupun saat kunjungan dinas.

Buktikan sendiri bila Anda berkunjung ke Kota Angin Nganjuk-Jawa Timur.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yang namanya serba serbi boleh dunk aq tanya apa aza... apa beda kulit lumpia sama kulit pangsit siih? d swalayan yang ad cuma kulit lumpia siih, pdhl lg pengen belajar bikin pangsit... anyway, ga papa kan aq tanya ini? cariin jawabannya yach..