Jumat, 30 Mei 2008

Makanan-makanan berkhasiat

APEL
Buah apel mengandung pectin dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Khasiat apel adalah dapat mengurangi kadar kolesteril dalam darah, meminimalisir penyakit tulang seperti encok dan rematik. Ampas apel juga dikenali dapat menyembuhkan diare. Frekuensi konsumsi yang dianjurkan adalah dua kali sehari.

WORTEL
Wortel mengandung banyak vitamin A yang baik untuk mata. Selain vitamin tersebut, dalam wortel juga terkandung betacarotene (zat antikarsinogenik) yang berkhasiat untuk mencegah penyakit mata, liver, kulit, dan kanker usus. Menkonsumsi satu potong wortel besar sehari sekali sudah cukup untuk tubuh Anda.

BAWANG PUTIH
Bawang putih terkenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Khasiatnya yang terkenal adalah sebagai anti bakteri, anti jamur, dan melindungi tubuh dari kanker. Khasiat lainnya adalah secara efektif dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah dan membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh.

BAWANG BOMBAY
Bawang bombay mengandung antibiotik yang membantu sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Khasiat intimewanya adalah mengurangi sakit perut, sesak nafas, dan infeksi saluran kencing. Dapat juga meringankan keluhan encok dan rematik.

ALPUKAT
Alpukat dikenal memiliki kadar lemak yang tinggi. Tetapi disamping itu mengkonsumsinya secara teratur sangat baik karena sarat akan vitamin A, B, C dan E. Alpukat juga dapat mengurangi kelelahan dan stress, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengandung zat anti kanker. Efektif memperlambat penuaan (mengurangi kerutan pada tubuh) karena mengandung vitamin E.

PASTA
Beberapa wanita takut mengkonsumsi pasta dengan alasan dapat mengganggu diet mereka. Walaupun demikian ternyata pasta kaya akan kandungan serat, vitamin B dan mineral.

KOL
Kol ternyata kaya akan kandungan zat besi, zat hijau daun, sulfur dan vitamin C. Dikenal juga dapat memerani kanker, membantu mencegah amnesia dan penyakit perut. Dapat juga menangkal penyakit stres, jantung dan infeksi.

GANDUM
Gantum memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh. Kandungan kalsium, potasium, magnesium, silikon, protein, vitamin B dan E dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menyehatkan sistem percernaan.

PISANG
Pisang dapat mengobati sakit perut. Mengkonsumsi pisang secara teratur berarti memberikan tubuh kita zat potasium, seng, serat, zat besi, zat asam, kalsium dan vitamin B6. Dapat melancarkan pencernaan dan bagi wanita baik untuk dikonsumsi sebelum menstruasi karena dapat mencegah nyeri haid. Keampuhan buat ini adalah memberi tambahan energi yang cepat, cocok dimakan sebelum berangkat kerja.

KENTANG
Kentang rebus benyak mengandung serat serta vitamin B dan C. Lebih baik menyantap kentang dengan kulitnya (tentunya setelah dicuci dengan bersih) karena justru pada kulit kentang itulah terkandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

KACANG KEDELAI
Kacang kedelai termasuk keluarga polong-polongan yang terkenal kaya protein. Mencegah penyakit kanker payudara, kanker rahim, kanker usus, dan kanker prostat. Dapat juga mencegah penyakit jantung dan tulang keropos. Bagi wanita berkhasiat menormalkan kadar esterogen yang cenderung meningkat dalam tubuh. Disarankan mengkonsumsi setiap hari.

CLA (Conjugated Linoleic Acid)
CLA banyak terdapat dalam daging sapi dan susu. Zat ini berfungsi untuk membakar lemak. Kemampuan tubuh dalam melakukan metabolisme dan menghasilkan energi dipengaruhi oleh adanya zat ini.

Tidak ada komentar: