Selasa, 27 Mei 2008

Sepuluh cara meningkatkan kualitas tidur.

Tidur merupakan suatu kegiatan untuk mengembalikan kebugaran fisik Anda. Jadi patut kiranya Anda meningkatkan kualitas tidur disela-sela padatnya aktifitas yang tidak memungkinkan untuk tidur berlama-lama.

1. Biasakan tidur dengan waktu yang sama secara teratur. Berangkat tidur dengan waktu yang sama, juga bangun dengan waktu yang sama pula setiap harinya.
2. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan bercinta. Hindari kebiasaan baca buku di tempat tidur, bermain game di tempat tidur, apalagi makan di tempat tidur. he..he.. Dengan begitu kebersihan tempat tidur akan selalu terjaga.
3. Hindari tidur di siang hari. Dengan tidak tidur siang, badan Anda akan terasa lelah sehingga meningkatkan kelelapan tidur malam Anda.
4. Berolahraga sebelum makan malam. Hal ini dapat membuat tubuh Anda rileks. Tetapi malahan jangan pernah melakukan olahraga sebelum tidur, karena dengan begitu tubuh Anda menjadi bugar dan mungkin tidak akan mengantuk lagi.
5. Mandi air hangat 2 jam sebelum tidur. Hal ini akan membantu metabolisme tubuh Anda sehingga memudahkan tidur malam Anda.
6. Lakukan kegiatan yang menenangkan seperti membaca buku sebelum tidur, mendengarkan lagu-lagu lembut.
7. Atur sirkulasi udara di kamar dengan baik. Aliran udara yang baik dalam kamar akan membantu mensuplai aliran oksigen secara teratur. Dengan menghirup oksigen yang berkualitas selama tidur Anda, maka kualitas tidur Anda akan meningkat pula.
8. Jauhkan letak jam dari tempat tidur. Agar Anda tidak selalu terobsesi dengan waktu.
9. Hindari kafein, alkohol, rokok dan makanan berat dua jam sebelum tidur. Benda-benda tersebut dapat memacu jantung Anda dan dapat mempersulit tidur.
10. Hindari minum terlalu banyak agar Anda tidak sering terbangun ke kamar mandi.

Semoga tidur Anda jadi lebih baik. Coba deh !

Tidak ada komentar: